Selamat Datang di Blog Unifam Strawberry, Jika anda ingin berkonsultasi seputar budi daya stroberi silahkan menghubungi kami. Dengan senang hati akan kami bantu. Trima kasih

Tuesday, August 12, 2008

Buah Stroberi Banyak Peminatnya


Buah Stroberi Banyak Peminatnya
17-Jul-2008


Stroberi, buah dari tanaman yang berkembang dengan baik pada musim kemarau, kini dijual di mana-mana. Kita bisa membelinya langsung di perkebunan stroberi. Bisa pula di pasar swalayan, pasar tradisional, maupun pedagang kaki lima.

Buah-buah stroberi segar dijual dengan nilai cukup tinggi. Harganya, kurang lebih Rp.35.000 hingga Rp.40.000 per kilogram. Satu kilogram, terdiri dari 70 hingga 80 buah stroberi.


Beberapa penjual memilih menjual buah-buah stroberi dalam kemasan plastik transparan (tembus pandang) yang kecil. Ada kemasan berisi 24 butir (dijual seharga Rp5.000) dan 12 butir (Rp3.000).

Bisnis yang Menguntungkan

Orang yang berminat membeli buah-buah stroberi, banyak. Hampir semua orang, terutama anak-anak dan remaja, suka rasa dan aromanya. Maka, banyak warga membeli buah-buah stroberi untuk dibuat menjadi sari buah (jus). Sementara para pengusaha lebih suka mengolahnya menjadi bahan campuran untuk kue, roti, selai, dan sirop. Ada pula pengusaha yang membeli stroberi untuk dibuat menjadi perasa obat, es krim, dan susu.

Selain harganya tinggi dan peminatnya banyak, harga buah stroberi cenderung stabil. Maksudnya, harga buah stroberi dari tahun ke tahun tidak mengalami banyak perubahan.


Nah, karena ketiga alasan di atas, banyak petani dan pengusaha yang memilih untuk mengembangkan stroberi. Modal usaha dinilai cepat kembali. Stroberi, kini telah menjadi bisnis yang menguntungkan. Tidak heran, stroberi dapat dijumpai di mana saja.

Makan buah stroberi, dalam keadaan segar (tidak lebih dari 3 hari setelah dipetik). Jangan lupa, sebelumnya cuci dulu buahnya. Buah stroberi segar bisa dimakan dalam keadaan utuh atau dibuat jus. Buah yang segar, nilai gizinya paling tinggi!

Ingin menyimpan sekotak stroberi dalam lemari pendingin? Ketahuilah, buah stroberi hanya tahan 4 hari di dalamnya. Setelah itu, buah stroberi akan mulai membusuk. Dan, proses pembusukan menyebar dengan cepat di antara buah-buah stroberi.

Pengusaha stroberi punya cara tersendiri untuk menjaga agar buah-buah stroberi yang dibelinya bisa tahan selama 1 bulan– dalam keadaan baik. Mereka menyimpan buah-buah stroberi dalam tempat khusus, kemudian meletakkannya di freezer.

Negara manakah yang terkenal sebagai penghasil stroberi di dunia? Menurut Badan Pangan PBB (FAO), jawabannya adalah Amerika Serikat dan Spanyol.


Penulis: Sandra
Sumber: www.berani.co.id

No comments:

Post a Comment