Selamat Datang di Blog Unifam Strawberry, Jika anda ingin berkonsultasi seputar budi daya stroberi silahkan menghubungi kami. Dengan senang hati akan kami bantu. Trima kasih

Friday, May 23, 2008

Kebun Stroberi, Ketenangan di Antara Hiruk-pikuk Bandung

Wisata
Kebun Stroberi, Ketenangan di Antara Hiruk-pikuk Bandung


Sebagian wisatawan mengerumuni menara panjat dinding. Seorang di antaranya asyik memanjat dinding itu. Tidak sampai lima menit, dinding dengan tinggi sekitar 8 meter itu selesai dipanjat, dan sang wisatawan pun merasa girang.

Sarana itu terdapat di Vin's Berry Park, Desa Jambudipa, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Puri (19), pemanjat dari Jakarta, berwisata ke Kota Bandung. Ia ingin mengunjungi lokasi wisata yang berbeda dari tempat lainnya.

Tempat berbelanja atau mal-mal di Kota Bandung sudah lazim didatangi wisatawan. Maka, ia mencoba kegiatan yang khas. Di Vin's Berry Park, daya tarik utama sebenarnya kebun stroberi. Pengunjung dapat memetik stroberi dan buah sejenisnya seperti raspberry dan blackberry.

Di sana terdapat 60.000 pohon stroberi. Selain itu, juga tersedia fasilitas untuk aktivitas lain, seperti flying fox, high rope, dan gokar. Wisatawan juga bisa melihat berbagai kebun, seperti cabai, tomat, selada, jagung, kol, brokoli, pisang, dan leunca.

Pengunjung dapat melepas lelah dengan beristirahat di sebuah restoran. Luas seluruh lahan kawasan itu 2 hektar. "Saya mencari tempat wisata yang berbeda. Tempat ini khas dan asyik untuk melepas penat," kata Puri.

Pemilik Vin's Berry Park, Supriatin Budiman, mengatakan, tempat itu dikelola tidak hanya memerhatikan faktor komersial, tetapi juga proses pembelajaran. Siswa taman kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi melakukan aktivitas tersebut.

Anak-anak TK, misalnya, diajarkan menanam bibit pohon dan membawanya pulang untuk dipelihara. Sejumlah mahasiswa sudah melakukan penelitian. Bila masyarakat kurang mampu berminat datang, Supriatin berupaya memberikan dorongan.

"Kalau anggaran terbatas, bisa disesuaikan. Mungkin bisa dinegosiasikan. Kalau memang benar-benar tidak mampu, saya kurangi biayanya," katanya.

Di daerah Lembang, perkebunan stroberi juga bisa ditemukan di beberapa lokasi dari Kota Bandung menuju Ciwidey, Kabupaten Bandung. Di Jalan Cihanjuang, Kota Cimahi, tempat lain, yaitu All About Strawberry, juga menawarkan wisata serupa untuk keluarga.

Di sana terdapat butik, restoran, dan beberapa fasilitas outdoor. Di antara hiruk-pikuk Kota Bandung yang mulai macet pada musim liburan, berkunjung ke kebun stroberi bisa menjadi pilihan untuk wisata yang lebih tenang. (dwi bayu radius)
Dikutip dari : http://64.203.71.11/kompas-cetak/0708/20/Jabar/25436.htm

No comments:

Post a Comment