Selamat Datang di Blog Unifam Strawberry, Jika anda ingin berkonsultasi seputar budi daya stroberi silahkan menghubungi kami. Dengan senang hati akan kami bantu. Trima kasih

Friday, June 27, 2008

Strawberryville, Wisata di Kebun Stroberi Modern


Menikmati udara pegunungan sambil mencicipi buah stroberi yang berrasa asam campur manis tentu sangat menyegarkan. Apalagi jika kita bisa bebas memetik sendiri stroberi yang diinginkan tersebut. Strawberryville memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk memetik buah stroberi sendiri.

Ratusan tanaman stroberi tumbuh subur dengan buahnya yang berwarna merah mengantung dalam rak-rak tanaman dalam 3 buah green house dengan nama Joliette’s House, Chambly’s House dan Charlie’s House mengundang untuk segera dipetik. “Memang saat musim panen tiba, buah stroberi dapat dipetik hampir setiap hari dari tangkainya,” kata Winda Agustina Customer Relation Strawberryville.

Tapi untuk memetik buah ini tidak bisa sembarangan karena ada aturannya. Menurut Winda cara memetik buah stroberi yang benar adalah dengan menggunakan gunting. “Ini agar tidak merusak tangkai buah yang ada disebelahnya,” tambahnya. Selain itu memetik strawberry pun ada waktunya yaitu antara jam delapan pagi hingga jam empat sore.

Beda Cara Penanamannya

Kalau para penyuka wisata agro yang sering mengunjungi tempat-tempat wisata yang memberikan sajian petik stroberi, maka SV bisa menjadi tempat perbandingan yang bagus. Jika di tempat lain tanaman strawberry di tanam di wadah plastik atau karung-karung, maka di Strawberryville hal itu tidak akan ada.

Tanaman strawberry yang ada di SV di tanam dalam rak-rak plastik (talang air) yang di susun seperti rak. Dengan sistem ini akan memudahkan pengunjung memetik stroberi dan juga memudahkan bagi pengelola untuk perawatannya.

Di Strawberryville, tanaman stroberi didatangkan langsung dari California yang menjadi tempat penghasil stroberi terbesar di dunia. Kalau sudah begitu, jangan tanya tentang kualitas dan rasa stroberinya, yang pasti adalah benar-benar yang terbaik. Stroberi ini memiliki ciri khas ukuran buahnya yang cukup besar. Saat digigit, rasanya lebih manis dengan sedikit rasa asam segar.

Serunya petik sendiri

Di 3 green house yang dimiliki SV terdapat tidak kurang dari 30 ribu tanaman stroberi yang menanti pengunjung untuk bisa berbagai pengalaman menjadi seorang pemetik buah stroberi yang sesungguhnya. Nuansa pedesaan dengan pemadangan alamnya yang indah semain terasa meyegarkan.

Agar pengunjugn tidak sembarangan dalam memetik buah yang ada di greenhouse, pihak pengelola menyediakan pemandu bagi pemetik-pemetik buah ini. Jadwal pemetikannya pun berbeda-beda di 3 green house tersebut. “Hal ini kami lakukan Agar pengunjung yang datang bisa merasakan menjadi pemetik stroberi,” kata Winda.

Namun bagi yang tidak ingin bersusah payah memetik stroberi pun bisa menikmati segarnya stroberi dengan membeli di tempat penimbangan (weighting station). Selain mendapatkan pengalaman dan bagaimana cara memetik, pengunjung pun bisa mendapatkan pengetahuan tentang manfaat stroberi bagi kesehatan tubuh, dan berbagai pengetahuan tentang stroberi yang bagus.

Beda dengan tempat lainnya, yang tidak memperbolehkan pengunjung memetik stroberi lebih dari 2-5 buah, justru di SV pengunjung bebas memetik sebanyak yang diinginkannya. “Mereka bisa memetik dari ½ kg hingga tak terbatas. Untuk itu harga dipatok Rp. 50.000,- per kilonya. Stroberi yang di petik tersebut,” tambah Winda.

Tentunya bagi yang ingin mendapatkan pengalaman memetik buah ini sebaiknya juga menyesuaikan isi kantong. Tiap pengunjung biasanya berusaha memilih buah stroberi yang terbaik. Buah yang berwarna merah dan berukuran besar menjadi incarannya.

Di SV juga memiliki kebun untuk tanaman organik, beberapa jenis sayuran yang ditanam antara lain capri manis, paprika, brokoli, kailan, kangkung dan lain sebaginya.

Untuk masuk ke SV pengunjung harus membayar tiket masuk Rp 10.000,- harga ini sudah termasuk 1 cup jus stroberi. Selain bisa memetik stroberidi S juga memiliki fasilitas bermain seperti playground kids, Light outbound dan terjun luncur atau yang dikenal dengan flying fox. Di arena bermain anak-anak bisa bermain sepuas-puasnya tanpa harus membayar lagi, kecuali untuk flying fox per orang dikenakan biaya tambahan Rp 20.000,-.

Strawberryvile yang berlokasi tepat di Villa Puncak Resort Boulevard ini cukup baik untuk mengasah kreatifitas dan menambah pengetahuan anak-anak. Namun sebaiknya jangan datang di hari biasa, karena SV hanya buka pada Sabtu dan Minggu. Keculai yang memang sudah melakukan reservasi dengan pihak pengelola.

Jalur menuju Strawberryvile mudah dijangkau baik dengan mobil pribadi maupun angkutan umum. Bagi pengguna angkutan umum bisa menggunakan angkutan kota dari Pasar Cipanas menuju Loji turun di Villa Puncak Resort. Sedangkan bagi pengguna mobil pribadi, setelah jembatan Han Jawar arahkan mobil menuju ke Villa Puncak Resort Kabupaten Cianjur. Jawa Barat.

Tri Mardi Rasa

Sumber : http://duniapertanian.blogspot.com/2007/10/strawberryville-wisata-di-kebun.html

1 comment:

  1. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    Artikel pariwisata terhangat
    Artikel anda di infogue

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

    ReplyDelete